Berwisata Sambil Belajar Mengenal Sejarah di Museum Geologi Bandung

Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat diri kita bersemangat. Pasalnya, berwisata dapat membuat pikiran kita menjadi segar kembali. Bahkan, tubuh kita pun menjadi lebih bersemangat.

Untuk para pelajar, mungkin kalau sekedar berwisata saja sangat tidak pas, oleh sebab itu, ada salah satu jenis wisata yang mana kita bisa sambil belajar. Salah satunya wisata edukasi di Museum Geologi Bandung.

Kalian ada yang udah pernah mungkin masuk ke Museum Geologi?. Untuk yang berlum pernah, disini saya akan jelaskan sedikit mengenai Museum Geologi. Tepatnya berada di Jalan Diponegoro No.57 Bandung, dan berdekatan dengan Lapangan Gasibu dan Gedung Sate.

Museum Geologi merupakan salah satu museum besar yang ada di kota Bandung. Disana terdapat berbagai macam fosil, mulai dari fosil binatang, fosil manusia, fosil tumbuhan dan fosil batuan. Museum Geologi juga merupakan salah satu museum yang memiliki koleksi bebatuan terbanyak di Asia Tenggara.


Dalam gedung tersebut terdapat beberapa ruang yang dimana setiap ruangan memiliki fungsi dan informasi berbeda-beda.

1. Ruang Peragaan Sejarah Kehidupan
Ini merupakan ruangan awal yang biasanya para rombongan masuki. Disini kalian akan dapat melihat bebagai macam koleksi fosil pada zaman sejarah atau purba. Salah satu yang menjadi perhatian para pengunjung adalah fosil dari Tyranosaurus Rex atau T-Rex.

Ya, fosil ini memiliki panjang 14 meter dan tinggi 6 meter dengan bobot berat 10 ton. Banyak sekali yang menjadikan fosil ini tempat objek foto. Selain dari fosil T-Rex, kalian dapat melihat juga fosil dari gajah purba yang berjenis Stegodon Trigonocepalus Martins. Dimana itu merupakan salah satu fosil yang dtitemukan di Indonesia.

Diruangan ini juga terdapat fosil yang paling tua, atau yang tertura di Museum Geologi yaitu Stromatolit. Yang mana mungkin sudah berumur 1,6 miliar tahun yang lalu. Apabila kalian terus menuju sudut ruangan ini, kalian akan menemukan ruangan fosil manusia dan tumbuhan.

Nah, diruangan peragaan ini, kalian akan menemukan beberapa fosil manusia yang hidup di zaman purba dahulu. Fosil manusia berjenis pithecanthropus erectus juga ada disini. Malahan, terdapat rangkaian atau sketsa dari wajahnya.

2. Ruang Peragaan Batuan Indonesia
Dalam ruangan ini kalian akan melihat bebatuan yang sangat cantik dan memiliki banyak jenis. Disni juga terdapat tv led yang mana dapat kalian sentuh. Setiap tv led yang tersedia disana mempunyai berbagai macam informasi tentang batuan Indonesia

Nah, bagi kalian yang suka foto-foto, ruang peragaan ini sungguh sangat pas untuk dijadikan background. Selain memiliki keindahan, disini juga bebatuannya sangat cantik untuk dijadikan objek. Apabila kalian masuk lebih dalam pada ruangan ini, kalian akan menemukan peta Indonesia.

Peta tersebut adalah informasi tentang beberapa pegunungan yang ada di Indonesia. Ruangan ini sangat nyaman sekali, sebab ruang peragaan ini banyak memasang AC. Berbeda dengan ruang peragaan Sejarah kehidupan yang tidak memakai AC.

3. Ruang Peragaan Manfaat dan Bencana Geologi
Ruang peragaan ini berada dilantai 2 dari gedung Museum Geologi. Pada ruangan ini, kalian akan melihat berbazgai macam kejadian yang diakibatkan oleh alam. Yang membuat menarik dalam ruangan ini yaitu adanya simulator gempa.

Simulator gempa biasanya selalu penuh oleh para pengunjung yang mengunjungi museum. Apalagi oleh anak-anak yang ingin mencoba sensasi gempa. Untuk kalian yang mengunjungi Museum Geologi, tentu hal itu harus anda coba.

Disini juga terdapat beberapa barang peninggalan akibat dari musibah longsor, gunung meletus dan lain sebagainya. Infromasi tentang terjadinya tsunami pun ada disini, yang dibawakan dengan ilustrasi pada tv led yang ada disetiap sudut.

4. Ruang Peragaan Sumber Daya Mineral
Ruangan selanjutnya yaitu ruang peragaan sumber daya mineral yang letaknya persis di depan ruang manfaat dan bencana geologi. Di ruang ini, kalian dapat melihat beberapa informasi tentang sumber daya mineral.

Seperti halnya oli, air dan lain sebagainya. Disini juga terdapat beberapa batuan yang ternyata memiliki fungsi yang tidak kita duga. Ruangan ini penuh dengan layar-layar LED, jadi setiap siapa saja yang datang atau masuk kedalam ruangan ini, akan mudah untuk mendapatkan informasinya.

Itu merupakan ruang peragaan yang bisa kalian temukan di Museum Geologi. Tapi, ada satu ruangan lagi nih, yang kalian harus coba bahkan jangan sampai terlewatkan, apakah itu? Ya, ruang auditorium.

Ruang auditorium merupakan ruangan khusus yang disediakan oleh Museum Geologi kepada pengunjung yang ingin melihat atau menonton sebuah film tentang Kegeologian. Nah, filmnya itu ternyata ada jenisnya loh.

Apabila rata-rata pengunjung itu anak-anak, biasanya mereka akan memutarkan film yang bercerita tentang bencana melalui sebuah kartun atau animasi. Untuk yang dewasa, biasanya banyak jenisnya, seperti halnya tentang Bandung, Gunung Es dan lainnya.

Pasti sangat menyenangkan berwisata sambil belajar dengan keluarga bukan. Museum Geologi memang menjadi tempat yang pas untuk liburan akhir pekan bagi keluarga. Selain liburan, anak-anak kita juga akan dipenuhi pengetahuan sejarah.