Cara Memulai Bisnis Reseller Online Shop Sukses Tanpa Modal


Bisnis sudah menjadi trending saat ini. Apalagi bisnis menjadi reseller online shop. Sangat mudah dan bahkan banyak dari kalian yang pernah menajajal bisnis tersebut. Bisnis ini terbilang unik, karena kita bisa memulainya tanpa modal sekalipun.

Gua pernah jadi salah satu reseller suatu online shop. Saat itu gua kan sukanya sama clothing atau distro kaya gitu, iseng lah gua nyoba bilang sama ownernya. Dan ternyata dia memberikan kesempatan itu buat jadi resellernya.

Tugas seorang reseller online shop ternyata cukup mudah, bahkan sangat mudah. Saat itu gua kan punya blog tuh, gua manfaatin disana buat promo barang-barangnya. Selain dari blog, gua juga promoin tuh di sosial media lainnya, kaya instagram, facebook dan grup whatsapp.

Inget yah, bisnis menjadi reseller online shop itu harus bisa ngatur-ngatur harga dan negosiasi. Kalo kalian lemah disana, bisa susah untuk dapet pelanggan dan keuntungannya. Tentunya harga yang kita berikan kepada calon pelanggan kita adalah bukan harga asli dari barang itu.


Kalo kita ngasih harga asli, lah terus kita mau dapet untung dari mana?. Makanya, sebelum kita membuat promosi barang, alangkah baiknya kita naikin tuh harganya. Tapi jangan sadis bener ya, nanti pada kabur pelanggannya.

Usahakan harganya masuk akal ya, jangan asal naikin aja.

Untuk lebih jelasnya, gua kasih tau nih cara memulai untuk menjadi reseller online shop tanpa modal
  • Memiliki kemauan yang tinggi 
Modal awal yang harus kalian punya adalah niatan yang serius. Jika niat kalian sudah bulat ingin memulai sebuah bisnis, tentu kalian harus selalu semangat walaupun bisnis kalian sepi. Seandainya kalian berfikir ingin berhenti, pikirkanlah seberapa besar kalian untuk memulai.
  • Mengetahui passion kalian 
Untuk kalian yang suka dengan baju clothing atau distro kaya gua, tentu kalian mulainya dengan bisnis clothing juga. Jangan sampe jadi reseller dari make-up, karena itu bukan passion kalian. Temukan passion kalian sendiri. Apabila kalian sudah merasa bahwa, "oh passion ini loh yang pas buat gua" langsung saja kalian mulai. Karena orang yang banyak berfikir, akan kalah sama orang yang banyak aksi.
  • Memilih supplier 
Dalam memilih supplier tentu saja tidak boleh asal-asalan. Kita harus mengetahui dulu kualitas barang yang mereka jual. Masalah harga juga biasanya setiap supplier memiliki perbedaan, ya walaupun tidak terlalu jauh berbeda. Tapi sangat penting untuk mengetahui supplier kita itu bagus apa tidak.

Ada beberapa hal yang kalian harus perhatikan dalam memilih supplier.

1. Pastikan mudah untuk dihubungi
Banyak kejadian saat reseller sedang promosikan barangnya, akan tetapi suppliernya sulit untuk dihubungi. Banyak sekali masalah seperti ini dalam bisnis online. Untuk menjaga nama baik kalian dan agar calon pelanggan tidak lari, kalian carilah supplier yang fast respond.
 
2. Kualitas barang
Barang yang kita jual haruslah memiliki kualitas yang bagus bukan. Kita tidak ingin mengecewakan calon pelanggan kita. Oleh sebab itu, kita harus cek sendiri kualitasnya, dengan cara meminta si supplier mengirimkan sample barang.
  • Promosi
Seandainya kalian sudah menemukan supplier yang pas bagi diri kalian. Selanjutnya adalah promosi. Lakukanlah promosi di sosial media yang kalian punya, seandainya belum punya, kalian bisa membuatnya. Promosikan kepada teman, kerabat jauh, sodara sampe keluarga kalian.

Kenalkanlah produk yang kalian jual itu setiap hari melalui sosial media. Akan lebih bagusnya kalian buat grup atau toko online sendiri. Itu akan berdampak baik pada penjualan dan kepercayaan calon pengunjung kepada kalian.
  • Berdoa dan terus semangat
Setelah kalian melakukan semuanya, dari mulai pemilihan supplier dan promosikan barang. Hal yang selanjutnya kalian lakukan adalah berdoa dan terus semangat. Ya, do'a sangatlah penting untuk kelancaran segala sesuatu yang kalian lakukan, dan semangat adalah vitamin untuk tubuh kalian agar selalu bergerak.

Itu adalah cara memulai bisnis reseller online shop. Mungkin semua yang tadi disebutkan merupakan dasar dari siapa saja yang ingin memulai menjadi reseller online shop. Perlu diketahui bahwa menjadi reseller online shop itu beberapa diantaranya gratis, alias tidak membayar.

Tapi ada beberapa toko online yang mana memberikan harga untuk siapa saja yang ingin mengikuti program resellernya.